Foto untuk : 171 Santri Mengikuti Lomba MKK Garda Bangsa di Kabupaten Tegal

171 Santri Mengikuti Lomba MKK Garda Bangsa di Kabupaten Tegal

Tegal – Sebanyak 171 peserta mengikuti Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK) di Pondok Pesantren Al Fajar, Babakan, Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Minggu (19/3).

Mereka santri dari 60 pondok di kabupaten itu. Menurut ketua panitia Nurohman Nasori, lomba ini kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka turut serta melestarikan dan mengkaji kandungan, khazanah kitab kuning di Nusantara. Sebab, seiring dengan kemajuan teknologi kitab kuning terancam punah. ’’Karena itu, kami akan terus berupaya melestarikan, salah satunya melalui kegiatan ini,’’ tandasnya.

Dia mengemukakan, kegiatan ini bekerja sama dengan persatuan pondok pesantren dan Garda Bangsa Tegal. Dibandingkan dengan pelaksaan lomba tahun lalu, pada 2017 ini jumlah pesertanya meningkat. Sebelumnya jumlah peserta hanya 90 peserta dari 50 pondok pesantren. ’’Harapan kami, kegiatan ini bisa terus diselenggarakan rutin setiap tahun untuk melestarikan kitab kuning dan menjaga keilmuan ulama salaf,’’ tegasnya.

Hal serupa juga disampaikan perwakilan dari RMI Tegal Abdul Musith. Menurut dia, lomba ini penentuan juara meliputi kategori penilaian, hafalan, aspek keilmuan, dan kefasihan. Bagi para juara disediakan hadiah total Rp 15 juta. Selain itu, mereka akan diikutkan dalam lomba di tingkat nasional dengan hadiah total Rp 500 juta. (H17-47)