Foto untuk : Agus Yudhoyono Perwira Tangguh yang Berprestasi

Agus Yudhoyono Perwira Tangguh yang Berprestasi

DPP PKB,  Jakarta - Pencalonan pasangan Agus Harimurti-Sylviana Murni sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI merupakan pertaruhan politik yang harus dimenangkan. Demikian ditegaskan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB Daniel Johan, Jumat (23/9/2016).

Daniel menegaskan, Agus merupakan perwira militer cukup berprestasi, namun harus meninggalkan dunia militer karena pencalonannya di Pilgub DKI.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ungkap Daniel, selaku Ketua Umum Partai Demokrat (PD) sekaligus ayah dari Agus tentu sudah mempertimbangkan pengusungan Agus secara mendalam.

"Pak SBY sudah menghitung secara matang, karena ini kan mempertaruhkan karier Mas Agus di militer juga. Kami optimistis bisa menang. Tergantung nanti strategi pemenangannya seperti apa," tuturnya.

Daniel menambahkan, Agus merupakan sosok yang cerdas sehingga mampu memahami persoalan dengan cepat. Tentunya, kata dia, bagi PKB pasangan Agus-Sylviana merupakan perpaduan yang tepat karena Sylvi merupakan birokrat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah memahami persoalan pembangunan di lapangan.

Sylviana merupakan Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Karena itu, Daniel menyatakan, PKB menganggap pasangan Agus dan Sylvi merupakan paduan yang tepat.

"Nanti ditunggu saja bagaimana strategi pemenangannya. Meski belum dilakukan uji elektabilitas secara terbuka kami yakin pasangan Agus - Sylvi bisa menang," tuturnya.

Pendaftaran bakal Calon Gubernur dan bakal Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta resmi ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI.

Pilgub DKI tahun 2017 diikuti oleh tiga pasangan, yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung oleh PDIP, Golkar, Hanura dan NasDem. Agus Yudhoyono-Sylviana Murni diusung oleh Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN. Terakhir, Anies Baswedan-Sandiaga Uno diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. 

"Malam ini, sudah tidak ada lagi. Kursi di DPRD sudah untuk tiga pasangan yang sudah mendaftar," kata Ketua KPU DKI, Sumarno usai menerima pendaftar terakhir, yaitu pasangan Anies-Sandiaga, Jumat (23/9/2016) malam. 

Tahap selanjutnya, KPU DKI akan melakukan verifikasi berkas kelengkapan ketiga pasangan hingga 29 September. Jika masih ada yang kurang, penyelenggara pilkada di ibukota ini akan memberikan masing-masing pasangan untuk menyempurnakan berkas hingga 4 Oktober.

Ketiga pasangan calon, diwajibkan akan melakukan tes kesehatan di RSAL Mintohardjo, Jl Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Tes kesehatan dilakukan pada Sabtu (24/9/2016). Minggu (25/9/2016) ketiga pasangan calon akan dites narkoba di Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN). 

"Lalu tanggal 25 Oktober pengundian nomor urut. 28 Oktober sampai 14 Februari masa kampanye," katanya. 

Pengambilan suara akan digelar pada 15 Februari tahun 2017.