Foto untuk : Cak Imin: Gus Dur Tak Pernah Berhenti Melakukan Perjuangan Bagi Nahdlatul Ulama

Cak Imin: Gus Dur Tak Pernah Berhenti Melakukan Perjuangan Bagi Nahdlatul Ulama

Jakarta - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merayakan Haul Gus Dur yang ke enam. Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, dalam pembukaannya mengatakan bahwa Gus Dur tak pernah berhenti melakukan perjuangan bagi Nahdlatul Ulama (NU) sejak dulu.

"Saya ingat pesan Gus Dur, jangan pernah mundur dari perjuangan Nahdlatul ulama, kecuali kita tidak diperlukan lagi oleh Nahdlatul Ulama," ucap Muhaimin saat menjadi keynote speaker dalam Haul ke-6 Gus Dur di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (22/12).

"Semua harus kita pupuk, termasuk oleh partai yang beliau dirikan, yakni PKB," ucapnya.

"Jika tidak ada demokrasi yang salah satunya diperjuangkan oleh Gus Dur, maka orang NU seperti Gus Dur tidak akan pernah bisa memimpin negeri ini," katanya.

Pascareformasi tahun 1998, PKB dilahirkan. Partai inilah yang pada akhirnya membawa Gus Dur menjadi Presiden RI ke-4.

"Kalau tidak ada demokrasi, orang NU yang tidak punya koran, tidak punya pejabat, tidak akan pernah bisa mengatur dan mengelola negeri ini. Dan alhamdulillah, setelah reformasi, PKB dilahirkan sebagai partai dari perjuangan politik‎ Gus Dur," tutur Muhaimin.

Tanpa perjuangan Gus Dur, lanjutnya, orang-orang PKB seperti Imam Nahrowi tidak bisa menjadi menteri. Dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) .

"Imam Nahrawi, kalau tidak ada perjuangan Nahdlatul Ulama mana mungkin jadi menteri. Bayangkan, takmir masjid bisa jadi menteri. Seorang takmir masjid, kepala rombongan umroh, bisa jadi menteri olahraga, ini berkat perjuangan Nahdlatul Ulama‎ lewat Gus Dur," tegasnya

Adapun dalam acara ini hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan, Budayawan Sujiwo Tedjo, dan KH Yahya M Staquf (peneliti pemikiran Gus Dur).‎ Ketiganya menjadi pembicara dalam talk show 'Menghadirkan Kembali Spirit Gus Dur' yang dimoderatori  Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori.

Selain itu, acara Haul Gus Dur ke-6 ini juga dimeriahkan dengan stand up‎ comedy dari komika Cak Lontong dan suguhan musik oleh penyanyi Ebiet G Ade.

(dikutip: merah putih )