Foto untuk : DPP PKB Siapkan Dua Opsi Hadapi Pilgub Jateng

DPP PKB Siapkan Dua Opsi Hadapi Pilgub Jateng

PKBNews, Jakarta - Waktu pendaftaran yang semakin mepet membuat PKB bergerak cepat mencari mitra koalisi dalam menghadapi Pilgub Jateng.

Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, seminggu ini partainya sibuk mematangkan strategi menghadapi pilkada 2018, termasuk pilgub Jateng.

Kata dia, Jateng merupakan daerah yang sangat strategis untuk mendulang suara.

Saat ini, ungkap Jazilul, DPW PKB Jateng masih melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain.

”Komunikasi dan penjajakan masih dilakukan di tingkat wilayah,” ucap anggota Komisi III DPR itu.

Menurut Jazilul, kondisi politik di Jateng masih dinamis. Belum ada partai atau koalisi yang mengerucut.

Koalisi Gerindra, PKS, dan PAN baru punya nama Sudirman Said sebagai bakal cagub. Mereka belum memutuskan bakal cawagub yang akan mendampingi mantan menteri ESDM itu.

Begitu juga PDIP. Menurut Jazilul, sampai kemarin PDIP belum memutuskan sikap.
Poros ketiga yang akan diusung PPP, Partai Demokrat, dan Partai Golkar sama. ”Belum ada yang fixed. Masih dinamis,” ujar pria kelahiran Gresik tersebut.

Legislator asal dapil Jatim X itu menerangkan, pihaknya menyiapkan dua opsi untuk menghadapi pilgub Jateng.

Pertama, PKB tetap memprioritaskan mengusung Marwan Jafar sebagai cagub. Saat ini pihaknya masih mencari partai mitra koalisi. ”Kami juga akan mencari calon pendamping Pak Marwan,” katanya.

Jika tidak menemukan rekan koalisi, disiapkan opsi kedua. Yaitu, PKB akan merapat ke partai atau calon lain dengan mengusung Marwan sebagai cawagub. ”Tapi, kami akan tetap prioritaskan opsi pertama dulu,” tegasnya.

Politikus yang juga dosen itu menambahkan, partainya akan realistis. Jika tidak mungkin mengusung cagub, PKB akan memutuskan untuk mengusung cawagub.

Karena itu, komunikasi terus dilakukan dengan PDIP, Gerindra, dan Demokrat. Minggu ini PKB memutuskan opsi mana yang akan diambil. (Jawa Pos)