Foto untuk : Empat Desa Kawasan Sangiran Diusulkan Bebas Pajak

Empat Desa Kawasan Sangiran Diusulkan Bebas Pajak

Karanganyar – Sebanyak empat desa di kawasan Situs Sangiran di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, diusulkan bebas dari pajak bumi dan bangunan (PBB).

Usulan tersebut telah disampaikan Komisi B DPRD Karanganyar kepada eksekutif. Penjelasan itu disampaikan Ketua Komisi B DPRD, Tony Hatmoko, saat ditemui wartawan, pekan lalu.

“Kami sudah sampaikan kepada DPPKAD ihwal kemungkinan pembebasan PBB bagi warga di empat desa di kawasan Situs Sangiran. Saat ini tengah dikaji oleh eksekutif,” tutur dia. Ketua DPC PKB Karanganyar tersebut mengatakan desa yang diusulkan bebas PBB yaitu Krendowahono, Rejosari, Dayu, dan Wonosari. Selama ini PBB tetap dipungut dari desa-desa itu.

Tony menilai keempat desa tersebut layak mendapat pembebasan PBB. Sebab warga yang tinggal di wilayah tersebut tidak bisa mendapatkan kemanfaatan optimal dari lahan. “Sejak ditetapkan sebagai kawasan Situs Sangiran, tanah warga sebagai aset tidak bisa diapa-apakan. Mau dijual pun pasti tidak laku, harganya tidak menguntungkan,” kata dia.

Tony menerangkan Pemkab tak akan terlalu dirugikan dengan membebaskan PBB di empat desa tersebut. Sebab selama ini nilai PBB dari empat desa itu terbilang sangat kecil. Lebih jauh Tony mengkritik realisasi PBB 2015 Karanganyar yang hanya di kisaran Rp24 miliar. Padahal potensi pendapatan dari PBB di Bumi Intanpari mencapai Rp28 miliar.(Kurniawan/JIBI/Solopos)