Foto untuk : Gus Alam, Anak Muda Wajib Memahami Empat Pilar

Gus Alam, Anak Muda Wajib Memahami Empat Pilar

Kendal - Ideologi Pancasila tetap tidak boleh berubah walau siapapun yang berkuasa di Republik ini karena Pancasila adalah komitmen bangsa sebagai dasar negara dan NKRI merupakan harga mati.

Hal ini disampaikan anggota MPR RI, H. Alamudin Dimyati Rois pada acara sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara di Pondok Pesantren Alfadlu Walfadhilah, Kaliwungu, Kendal, Jumat (4/3/2016).

Keempat pilar itu adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945, dan ketetapan MPR sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Rasa memiliki kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, itu wajib ditanamkan, wajib dihayati," kata Gus Alam saat sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Menurut Gus Alam, jika para pemuda tak memahami 4 pilar tersebut, sulit menjadi bangsa yang maju.

"Saya yakin mulai dari pemuda-pemudi di pesantren ini, nanti diikuti juga oleh pemuda-pemudi yang lain."

Gus Alam yakin, kalau 4 pilar kebangsaan diperkuat dengan moral agama, akan menjadi satu kekuatan luar biasa dalam membangun bangsa.

"Jadi kita itu membangun kekuatan negeri dari anak-anak ini, anak-anak muda ini. Sekolah, apalagi organisasi-organisasi pemuda-pemudi ini, apalagi yang berbasis agama. Nah, itu akan menempatkan dirinya sebagai agama yang mengajarkan ajaran yang benar. Dan itu juga ada di dalam 4 pilar," papar dia.

Gus Alam mengatakan, para pemuda memiliki semangat yang luar biasa dengan gaya mereka, sehingga jangan dibendung selagi semua itu tetap dengan mindset pada kebijakan-kebijakan nasional, persatuan-persatuan nasional, dan kebangsaan.

"Caranya mereka biarkan saja, gaya-gaya mereka. Jangan gaya kita dipaksakan mesti jadi anak muda, enggak cocok. Gaya kalian kan juga beda," tandas Gus Alam.