Foto untuk : Hasan Asyari : Berawal Dari Keprihatinan Pada Persoalan Kemiskinan

Hasan Asyari : Berawal Dari Keprihatinan Pada Persoalan Kemiskinan

H. Hasan Asy’ari, S.Pd.I, M.Si adalah seorang politisi muda yang tidak asing lagi di dunia Pendidikan dan Kesehatan. Beliau  lahir di Wonosobo pada tanggal 8 Juli  1975. Sebagai Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, perhatiannya terhadap dunia Pendidikan dan Kesehatan sangatlah besar. Menurutnya, Pendidikan dan kesehatan sebagai kebutuhan dasar masyarakat harus mendapat perhatian serius dari semua pihak, karena kedua hal tersebut merupakan prasyarat keluar dari persoalan kemiskinan.

Suami dari Fatikhah Asmalina ini memulai pendidikannya di SD Mergosari hingga tahun 1987. Setelah selesai mengenyam pendidikan di MTs Al Ma’arif Sukoharjo pada tahun 1991, Hasan memperdalam ilmu agama di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Asyariah Kalibeber Wonosobo yang diasuh oleh KH Ahmad Faqih Muntaha sembari menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Tahassus Kalibeber.

Kecintaannya terhadap dunia pendidikan dan kesehatan, berawal dari keprihatinannya terhadap persoalan kemiskinan di Jawa Tengah. Keprihatinannya ini mendorong Hasan, sapaan akrabnya, untuk aktif di dunia pergerakan. Kiprahnya di dunia pergerakan diawali saat menempuh pendidikan di Fakultas Tarbiyah UNSIQ Wonosobo dengan menjadi ketua PC PMII Wonosobo, Ketua PC IPNU Kabupaten Wonosobo, Koordinator JPPR pada tahun 1999 dan aktif juga di LAKPESDAM NU Wonosobo.

Untuk mengasah kepekaannya terhadap persoalan yang terjadi di masyarakat, Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur LSM Jentera Kab. Wonosobo tahun 2001 – 2003 ini mengikuti berbagai pelatihan diantaranya Training of Trainer Pemberdayaan Masyarakat Sipil, Training Of Trainer Perencanaan Partisipatif Masyarakat, serta pelatihan lainnya.

Pria yang pernah menjadi dosen di Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan UNSIQ Wonosobo ini mulai meniti karier di dunia politik praktis pada tahun 2003, sebagai wakil sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kab. Wonosobo. Kemudian pada tahun 2007 diangkat sebagai Sekretaris DPC PKB Kab. Wonosobo.

Pada Pemilu Legislatif tahun 2009, selain mengantarkan PKB sebagai partai pemenang di Kabupaten Wonosobo, pria yang didapuk  sebagai Wakil Ketua LPP DPC PKB Kab. Wonosobo ini juga berhasil mengantarkan dirinya  sebagai Anggota DPRD Kab. Wonosobo periode 2009 – 2014.

Perjuangan pria yang memiliki motto hidup “Bicara – Bekerja – Bermanfaat” ini tidak berhenti begitu saja setelah menjadi anggota DPRD Kabupaten Wonosobo. Beliau tetap konsisten dalam menjalankan tugas kepartaian, hingga pada tahun 2012, beliau dipercaya menduduki jabatan wakil ketua DPW PKB Provinisi Jawa Tengah.

Olahraga, membaca, kuliner dan traveling menjadi hobby dari pria yang memperoleh gelar Magister Administrasi Publik dari UNSOED Purwokerto ini. Pada Pemilu Legislatif tahun 2014, pria yang juga aktif di PW GP Ansor Jawa Tengah ini kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah melalui daerah pemilihan (Dapil) VII (Kabupaten Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga). Dengan perolehan suara 47.867 ribu, mengantarkannya menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.