Foto untuk : Ida Fauziyah: Pejuang Perempuan dan Pembawa Aspirasi Warga NU

Ida Fauziyah: Pejuang Perempuan dan Pembawa Aspirasi Warga NU

PKB News, Semarang - Pemilihan Ida Fauziyah sebagai cawagub mendampingi Sudirman Said merupakan kejutan kedua dalam Pilgub Jateng seminggu terakhir, menyusul munculnya nama Taj Yasin sebagai pendamping cagub Ganjar Pranowo.

Bagaimana proses keterpilihan Ketua Fraksi PKB DPR itu? Berikut wawancara dengan Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf di kantor DPP PKB, Selasa (9/1).

Bagaimana proses penunjukan Ida Fauziyah yang terkesan mendadak?

Sejak awal sudah kami sampaikan, PKB sebagai partai pemenang nomor dua di Jawa Tengah mendapatkan amanah dari para kiai dan konstituen untuk memasang kadernya. Itu penting, agar ke depan PKB dan NU bisa mewarnai pemerintahan di Jawa Tengah.

Kami berkomunikasi dengan partai-partai, seperti PDIP, Gerindra, dan lainnya. Tapi Allah menakdirkan dengan Partai Gerindra, dengan Pak Dirman (Sudirman Said-Red)

Pertemuan sebelum deklarasi berjalan alot?

Tidak alot, hanya harus pamitan pada para tokoh, pimpinan tiga partai lain (Gerindra, PAN, PKS-Red). Teknis saja. Telepon Pak Prabowo, Pak Zulkifli Hasan, dan PKS.

Ada dua calon dari NU. Apakah suara NU akan pecah?

Tidak masalah. PKB punya pendukung sendiri. Kami punya basis massa sendiri. Kami yakin, yang sejak awal berproses dengan PWNU ya PKB. Sejak awal kami sharing soal Jawa Tengah.

Pertimbangan memilih Ida Fauziyah?

Karena Mbak Ida dianggap mampu membawa aspirasi warga NU, meski bukan kelahiran Jawa Tengah. Tapi tetap NKRI. Yang penting kualitas dan kapasitasnya. Bisa atau tidak memperjuangkan NU. Begitu juga kebutuhan Muslimat dan Fatayat.

Apakah faktor calon perempuan juga diperhitungkan untuk mendulang suara?

Itu pasti. Diharapkan sosok Mbak Ida mampu menarik pemilih perempuan.

Mengapa bukan Marwan Jafar?

Pak Marwan fokus di LPP (Lembaga Pemenangan Pemilu DPP PKB-Red), yang menjadi panglima dalam pemenangan di pemilu legislatif dan pemilihan presiden mendatang.(Mahendra Bungalan-18/SuaraMerdeka.Com)