Foto untuk : Kepala Desa Tanya Tata Cara Dapat Bantuan ke Ketua DPRD Jateng

Kepala Desa Tanya Tata Cara Dapat Bantuan ke Ketua DPRD Jateng

Semarang - Siang ini (25/1/16), Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mendapat kunjungan dari sejumlah perangkat desa dari Kabupaten Magelang. Dalam audiensi itu, perangkat desa mempertanyakan mengenai tata cara bantuan keuangan provinsi.

Mereka mengaku sangat membutuhkan bantuan tersebut karena saat ini ada beberapa titik daerah yang mengalami kerusakan infrastruktur. Seperti adanya talud ambrol di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

"Ini ada beberapa kades di Kabupaten Magelang dari Kecamatan Borobudur dan Kecamatan Mertoyudan. Tujuan kedatangan mereka yakni mengajukan permohonan bantuan keuangan provinsi untuk pemerintahan desa. Bantuan itu untuk pembangunan talud, jalan poros desa, jalan desa dan saluran. Intinya semua pembangunan fisik," jelas Rukma Setyabudi, seusai menerima perangkat desa.

Ia berharap saat pengajuan bantuan keuangan itu, pemerintahan desa memahami tata cara pengajuan. Hal itu, kata dia, untuk menghindari jerat hukum di kemudian hari, apabila ceroboh dalam pelaksanaannya.

"Bukan kami (DPRD) tidak mau atau tidak menepati janji karena sekarang ini penerima bantuan keuangan harus berbadan hukum. Karena, banyak kasus penerima fiktif bansos maupun hibah pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan berbadan hukum, maka dana dari pemerintah juga dapat dipertanggunjawabkan," harapnya.

Ia juga berharap, dalam pelaksanaan proyek di desa, bantuan keuangan dapat dilakukan secara swadaya masyarakat ataupun dengan jasa kontraktor. "Sebaiknya, ada pelibatan masyarakat setempat saat mengerjakan proyek desa,"  tandasnya. (ariel/ rah/ Warta Legislatif)