Foto untuk : Ketua DPW PKB Jateng, Yusuf Chudlori menyatakan keputusan resmi akan diputuskan

Ketua DPW PKB Jateng, Yusuf Chudlori menyatakan keputusan resmi akan diputuskan

PKBNews, Magelang - Empat hari jelang pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum menentukan sikap. Ketua DPW PKB Jateng, Yusuf Chudlori menyatakan keputusan resmi akan diputuskan selambatnya, Sabtu (6/1).

"Saat ini kami sedang melakukan istikharah. Setelah itu kami akan melihat peta politik di lapangan. Semoga dalam satu atau dua hari ke depan, sudah bisa diumumkan," tutur pria yang akrab disapa Gus Yusuf itu, Kamis (4/1).

Menurut dia, PKB harus berkoalisi dengan partai lain karena saat ini hanya memiliki 13 kursi di DPRD Jateng. Dikatakan dia, segala kemungkinan politik bisa terjadi dalam waktu yang tersisa.

Pilihan yang bisa diambil adalah bergabung dengan poros PDIP, Gerindra-PAN-PKS, atau membentuk poros sendiri bersama Golkar dan PPP. "Semua kemungkinan itu bisa saja terjadi. Kami akan melihat peta kekuatan politik seperti apa. Bisa jadi kami gabung ke PDI, ke Gerindra, atau bikin poros baru. Yang pasti, selama ini kami sudah menjalin komunikasi politik dengan partai lain," ujarnya.

Disinggung kabar Cagub Gerindra-PAN-PKS, Sudirman Said, yang ingin menggandengnya sebagai pendamping atau calon wakil gubernur (cawagub) di Pilgub Jateng, Gus Yusuf enggan berkomentar panjang.

"Saya ini kader PKB, jadi semuanya tergantung sama keputusan atau rekomendasi partai. Apa saya akan maju atau tidak di Pilgub Jateng, biar DPP yang memutuskan," tegas Gus Yusuf.

Sebelumnya, Sudirman Said menjelaskan, ada tiga nama yang mengerucut untuk dipilih menjadi salah satu wakilnya. Semuanya kini masih intens dikomunikasikan baik di tingkat pusat maupun daerah. Satu di antara nama kandidat wakilnya yang muncul ke permukaan yaitu Ketua DPW PKB Jateng, KH Yusuf Chudlory alias Gus Yusuf. [rzk/Merdeka.com]