Foto untuk : Madrasah Dan Pesantren Telah Berjasa Besar

Madrasah Dan Pesantren Telah Berjasa Besar

Semarang - Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori memerintahkan kepada seluruh Fraksi PKB di Kabupaten/Kota di Jateng mengawal terbitnya Perda Pendidikan Keagamaan. Perda tersebut menjadi penting untuk keberlangsungan pesantren, madrasah diniyah, TPQ di daerah masing-masing.

Perda keagamaan itu tak hanya untuk umat Islam tapi juga seluruh umat beragama lain, selama ini pesantren menjadi benteng untuk keutuhan NKRI yang tetap menjunjung tinggi tolerasi. Pemerintah harus hadir memberikan perhatian kepada pesantren jangan sampai keberadaan pesantren melemah dan muncul paham-paham radikal dan terbukti mengingkari NKRI,''kata Gus Yusuf, dalam acara Diskusi Publik FPKB Jateng, di DPRD Jateng, kemarin (14/3/2016).

Gus Yusuf memberikan contoh dalam persoalan Gafatar yang dalam waktu singkat bisa merekrut 50 ribu anggota, ternyata tidak hanya umat Islam saja yang ikut bergabung tapi berbagai umat agama lainnya. Dalam kasus ini setidaknya menjadi bukti bahwa pembinaan kerohanian diberbagai agama masih lemah masih butuh dukungan untuk menggeliatkan lagi bimbingan kerohanian.

"Ini juga menjadi auto kritik bagi NU dan Muhammadiyah yang menjadi organisasi terbesar juga pendiri bangsa ini. Ternyata masih kecolongan sehingga banyak masyarakat yang tergiur iming-iming kesejahteraan kemudian dengan mudahnya pindah agama dan keyakinan yang tak jelas itu,"ujarnya.

Fenomena seperti ini sudah menjadi keharuan, lanjut Gus Yusuf, negara hadir memberikan dukungan material dan non material kepada pesantren, madrasah diniyah, majelis taklim, agar lebih berdaya dan bergeliat di tengah masyarakat yang prakmatis seperti sekarang ini.

"Bagaimana kehadiran negara itu benar-benar dirasakan ya harus berpihak pada pendidikan keagamaan, seperti pesantren, madrasah diniyah, majelis taklim, taman pendidikan Al-quran dan program keagamaan untuk keyakinan lainnya. Jika dibiarkan maka kasus Gafatar akan muncul lagi,"katanya

Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori menambahkan, selama ini madrasah dan pesantren telah berjasa besar dalam mendekatkan warga negara dengan agamanya pada jalur yang benar. “Zaman dulu pesantren memang tidak pernah terbiasa minta anggaran dari pemerintah, mau diberi silakan, tidak juga tidak apa-apa. Tetapi sekarang melihat peran yang besar dalam pembangunan mental umat sudah selayaknya negara memperhatikan kesejahteraan lembaga keagamaan ini,” katanya.(sho)