Foto untuk : Mantan Striker Chelsea Demba Ba Angkat Bicara Soal Pemecatan Murinho

Mantan Striker Chelsea Demba Ba Angkat Bicara Soal Pemecatan Murinho

Shanghai - Mantan striker Chelsea, Demba Ba, melontarkan kritik untuk Jose Mourinho yang dipecat The Blues , Kamis (17/12) lalu. Menurut pemain yang kini memperkuat klub Tiongkok, Shanghai Shenhua tersebut metode melatih Mourinho melelahkan.

Ba memperkuat Chelsea antara 2013-2014 namun kemudian dilepas dan bergabung dengan klub Turki, Besiktas, pada Juli 2014.

"Saya sebelumnya menyangka Chelsea akan mempertahankan Mourinho," kata Ba kepada RMC. "Memang jarang Mourinho melatih tim yang sama selama tiga tahun dan kejadian ini memperkuat fakta itu," ujarnya.

"Metode melatih Mourinho membuat pemain kecapaian, sangat melelahkan," papar Ba. "Dia tipe pelatih yang sangat ingin menang jadi jika kalah Anda seperti melihat langit runtuh menimpanya," kata Ba lagi.

"Semuanya jadi rumit jika timnya kalah karena dia benar-benar sangat terganggu. Di wajahnya terlihat kemarahan meski mungkin sebenarnya tidak seperti itu," ujar pemain berusia 30 tahun itu.

Namun Ba sangat memaklumi jika Mourinho berlaku seperti itu. "Ini karena dia seorang juara. Jadi jika kalah itu akan sangat memengaruhinya. Ini bukan hal buruk dan itu sudah dia buktikan. Dia telah meraih banyak gelar bergengsi," kata Ba lagi.

"Anda suka dia atau tidak, dia akan bersikap biasa-biasa saja. Saya berbicara ini dalam kapasitas dia sebagai pelatih bukan sebagai pria," ujar Ba yang bergabung dengan Shanghai pada 2015.

Mantan pemain West Ham dan Newcastle United ini bergabung dengan Chelsea pada Januari 2013 mencetak 14 gol di berbagai kompetisi termasuk saat menang 1-0 atas Paris Saint Germain di ajang Liga Champions. Namun dia jarang terpilih sebagai pemain utama.

Ada satu kritik lagi dari Ba untuk Mourinho. "Dia (Mourinho) bukan seseorang yang ada di sana untuk menaikkan kepercayaan diri pemain. Dia hadir untuk mendapatkan apa yang bisa dia dapatkan dari pemainnya," tutur BA.

"Dia mengharapkan Anda untuk bisa memotivasi diri Anda sendiri. Jika Anda kurang percaya diri maka yang akan dilakukannya cuma menaruh Anda di bangku cadangan," ujar pemain kelahiran Prancis namun membela Timnas Senegal ini.

 

(dikutip: BS )