Foto untuk : Panglima Santri, Cak Imin Menghadiri Pekalongan Mengaji

Panglima Santri, Cak Imin Menghadiri Pekalongan Mengaji

PKBNews, KajenNusantara Mengaji menggelar khatama Alquran di alun-alun Kajen, Kab. Pekalongan, sabtu (18/11). Khataman Alquran bertajuk #PekalonganMengaji ini dihadiri 50 ribu lebih jamaah yang datang dari masyarakat pekalongan dan daerah di sekitarnya.

Inisiator Nusantara Mengaji H. A. Muhaimin Iskandar, dalam mau'idhohnya menyoal perkembangan dunia Islam yang tengah dilema perpecahan. Menurutnya melalui khataman Alquran serentak ini dapat membangun bangsa yang solid dan kuat.

"Karna hari ini dunia sedang terjadi benturan-benturan dahsyat. Di Makkah saja skrg sdh mulai sadar akan kekeliruannya. Di Yaman sekarang yang sama islamnya sedang terjadi perang sehingga terjadi kelaparan dan banyak yang meniggal dunia," terang Cak Imin.

Nusantara Mengaji, lanjutnya, terus menggerakkan dan mentradisikan semaan serta kajian Alquran dengan tujuan menguatkan bangsa dan negara. "Insya allah jika kita masih berpegang pada Islam Ahlu Sunnah wal Jamaah (aswaja - red), maka kita akan tetap bersatu tidak seperti negara-negar lain yang banyak terpecah."

"Aswaja inilah sabuk spritual yg manyatukan spirit dan semangat bangsa yag tdk akan mudah terpecah oleh adu domba oleh negara-negara lain. NU mengikat bangsa ini dengan sabuk aswaja sehingga bangsa ini tetap dlm semangat relegius yg makin menggelora dan semangat," terang cicit pendiri NU ini.

Cak Imin pun berharap, Nusantara Mengaji yg diadakan saat ini terus mengibarkan visi-misinya bagi keberkahan dan kemajuan bangsa ke depan. "Semoga anak-anak kita menjdi anak yg soleh-solehah dan menjdi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Serta kita semua mendapat rahmat allah dengan cara saling mensuppot dalam silaturrahim. Amin," tukasnya.

Selain dihadiri luapan jamaah yang hadir, acara #PekalonganMengaji ini dihadiri oleh Ketua Dewan penasihat Nusantara Mengaji KH. Ahsin Sakho Muhammad, Ketua Kornas H. Jazilul Fawaid, Deklalator Nusantara Mengaji Hj. Ida Fauziyah, Korda NM Pekalongan H. Bisri Romly, Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, dan Bupati Tegal yang sekaligus memberi 'itibar keislaman melalui wayang santri, H. Entus Susmono.

 

Khataman tersebut juga dihadiri oleh KH. M Yusuf Chudlori (Ketua DPW PKB Jawa Tengah), Sukirman (Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah), KH. Muhammad Jundi (Rois Syuriah PCNU Kabupaten Pekalongan), K.H. Muslikh Khudhori (Ketua PCNU Kabupaten Pekalongan), dan Hj. Hindun (Ketua DPRD Pekalongan).