Foto untuk : Semangat Melestarikan Kerajinan Khas Asal Klaten Meskipun Dengan Modal Minim

Semangat Melestarikan Kerajinan Khas Asal Klaten Meskipun Dengan Modal Minim

Klaten - Payung lukis yang menjadi salah satu kerajinan khas asal Kota Klaten, Jawa Tengah. Salah seorang pengrajin payung lukis, Ngadiakur (52 tahun) mengatakan payung lukis menjadi salah satu kerajinan khas asal Kota Klaten, Jawa Tengah yang sudah semestinya harus dilestarikan. Seiring berjalannya waktu, generasi pengrajin payung lukis  sudah mulai nampak terkikis, dikarenakan beralihnya profesi ke bidang pekerjaan lain.

“Saya tidak ingin kerajinan payung lukis ini musnah tergerus jaman karena tidak adanya generasi yang melanjutkan. Untuk itu, saya bergabung dengan sebuah Paguyuban bernama Multi Rahayu, yang juga merupakan kelompok Pengrajin Payung Lukis di kawasan Juwiring, Klaten,” ujar Pak Ngadi, Selasa (05/01/2016).

Seiring berjalannya waktu, perjalanannya dan rekan-rekannya di Paguyuban Multi Rahayu dalam menjalankan produksi payung lukis sempat berjalan kurang mulus. Hal tersebut  dikarenakan modal usaha produksi serta minimnya tenaga kerja yang dimiliki. Namun kehadiran Dompet Dhuafa menumbuhkan kembali semangat pengrajin payung lukis.




(dikutip: Khazanah )