Foto untuk : PKB Siap Bergabung Dengan Siapapun di Pilgub Jateng

PKB Siap Bergabung Dengan Siapapun di Pilgub Jateng

PKBNews, SEMARANG - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus melakukan lobi politik ke sejumlah poros, yakni PDI Perjuangan; Sudirman Said (Gerindra, PAN, PKS), maupun poros tengah (Golkar, Demokrat, PPP) untuk mendapatkan posisi calon wakil gubernur.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jateng, KH Yusuf Chudlory, atau Gus Yusuf, saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (4/1).

“Kami PKB harus pasang minimal wakil dengan siapapun, baik mungkin dengan PDIP ataupun dengan Gerindra, ataupun poros tengah. Pokoknya, PKB harus pasang kader,” tegasnya.


Menurut dia, sikap itu merupakan aspirasi dari tokoh-tokoh agama di Jateng, utamanya dari kalangan pondok pesantren. Selain itu, sikap tersebut sebagai bentuk penghormatan pada kerja keras kader PKB selama ini di Jateng.

“Komunikasi dengan poros-poros dilakukan di tingkat DPP. Kami masih menungu, kami juga standby di Jakarta ini, sama teman-teman,” katanya.

Gus Yusuf menuturkan, dirinya di Jakarta bersama sejumlah pengurus parpol untuk menunggu keputusan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Di sisi lain, Cak Imin juga sudah meminta pada beberapa kiai untuk melakukan salat istikharah.

“Mugo-mugo (semoga) ini malam Jumat menjadi malam yang berkah, bisa dapat wangsit dari langit,” ujarnya.

Dia berujar, terdapat tradisi di PKB yang tak dapat ditinggalkan, yakni sebelum membuat keputusan, terlebih dahulu berkonsultasi ke para kiai. Sehingga, antara hasil istikharah dengan mengumpulkan data pemetaan di lapangan akan dijadikan satu dalam sebuah keputusan.

“Istikharah dipadukan dengan peta lapangan seperti apa, itu yang jadi keputusan,” paparnya.
Gus Yusuf mengakui, komunikasi politik di detik-detik akhir ini memang sangat intensif, baik di tingkat DPW Jateng dengan parpol lain, maupun di tingkat DPP.

“Dengan PDIP sudah ada yang komunikasi ke sana, wong Pak Jokowi kemarin kan dengan ketum (PKB-Red) naik kereta bareng. Saya dengan mas Pacul (Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, Ketua DPD PDIP Jateng) juga online, dengan pak Wachid (Ketua DPD Gerindra Jateng) juga online, semuanya,” terangnya.
Saat ditanya mengenai siapa figur calon wakil gubernur yang disodorkan ke sejumlah poros, Gus Yusuf enggan mengungkapkannya. “Ya ini masih nunggu istikharah juga,” ucapnya.
Kemudian ketika ditanya apakah dirinya juga siap jika dicalonkan menjadi wakil gubernur, ia hanya menjawab, “Masih diistikharahi juga,” kelakarnya.

Pengasuh Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang itu menegaskan, jika PKB mendapatkan posisi calon wakil, maka akan berkomitmen untuk bekerja all out.
Sebab, sudah banyak tokoh pesantren yang menginginkan ada figur PKB jadi wakil sebagai representasi pondok pesantren. “Dan besok kan kampanyenya pas Ramadan, kan momen agama, situasi dan ruhnya kan ruh agama, jadi hasilnya lebih mantab,” tandasnya.
(tribunjateng/cetak/had)