Foto untuk : Ribuan Petani Tembakau Tuntut Gubernur Ganjar Pranowo

Ribuan Petani Tembakau Tuntut Gubernur Ganjar Pranowo

PKB Jateng - Ribuan petani tembakau dari sejumlah daerah sentra produksi yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Tengah, kembali menggelar aksi unjukrasa di Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (17/1/17). Petani yang berasal dari wilayah Temanggung, Magelang, Wonosobo dan daerah lainnya datang ke Semarang dengan menumpang puluhan bus dan longmarch dari Taman KB Jalan Menteri Supeno menuju kantor Gubernur Jawa Tengah.
 
Dalam Demo ini, ribuan petani menuntut agar pemerintah menghentikan impor tembakau dan DPR diminta segera mengesahkan Undang-undang pertembakauan yang saat ini telah masuk di Prolegnas. 
 
“Saat ini banyak tembakau impor masuk ke Indonesia. Tembakau impor itu berimbas langsung kepada petani karena di berbagai daerah produksi mengalani kerugian besar. Kami berharap pemerintah menghentikan impor tembakau yang jelas merugikan rakyat terutama para petani di Jawa Tengah,” ujar salah seorang perwakilan yang melakukan orasi di hadapan ribuan pengunjukrasa.
 
Menurut Ketua APTI Jawa Tengah Wisnu Brata, petani tembakau menuntut agar DPR segera mengesahkan UU Pertembakauan yang saat ini telah masuk ke prolegnas.
 
“Saat ini sudah masuk ke Prolegnas, tapi dengan demo ini harapan kami UU Pertembakauan segera disahkan, karena kami menilai UU itu berpihak pada kesejahteraan petani tembakau,” tuturnya.
Selain menuntut UU Pertembakauan segera disahkan,  para petani berharap aspirasi unjukrasa bisa diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
 
“Jika bertemu dengan gubernur langsung diharapkan aspirasi petani tembakau bisa langsung disampaikan ke DPR,” ujarnya.

Terkait dengan demo yang dilakukan oleh aktifis dan petani tembakau se_jawa tengah hari ini di Kantor Gubernur, Fraksi PKB Jateng melalui ketua fraksi M. Hendri Wicaksono mendukung penuh tuntutan yang disuarakan dan berharap agar Presiden Jokowi dan teman teman DPR RI segera menindaklanjuti karena apapun ini sangat berhubungan dengan kesejahteran rakyat dan keberlangsungan pertanian tembakau di Indonesia. Dan impor tembakau jelas jelas merugikan petani kita.
 
Karena banyaknya Massa Aksi Unjukrasa kepolisian menutup jalan Pahlawan dari arah polda menuju Simpanglima Semarang. Sementara lalulintas dari arah Polda dialihkan di jalan Pahlawan lajur timur mulai dari Kantor Disnakertrans hingga Simpanglima Semarang.