Foto untuk : Seratusan Lebih Santri Mengikuti Lomba MKK Garda Bangsa Pati

Seratusan Lebih Santri Mengikuti Lomba MKK Garda Bangsa Pati

Pati - DPC PKB dan DKC Garda Bangsa Kabupaten Pati menggelar Musabaqah Kitab Kuning antar santri Pondok Pesantren.  Seratusan lebih santri mengikuti lomba membaca, memaknai dan menjelaskan kitab kuning di Kantor Sekretariat DPC PKB Kabupaten Pati, Minggu pagi (26/3).

Ada 116 peserta dari 37 Pondok Pesantren se-se Kabupaten Pati, mengikuti Musabaqah Kitab Kuning yang baru kali pertama diselenggarakann itu.
Ketua Penyelenggara, yang juga Ketua DKC Garda Bangsa, Musalam Mas`ul mengatakan, sebelum penyelenggaraan, pihaknya sudah menggundang 181 Pondok Pesantren se-Kabupaten Pati, untuk ikut ambil bagian. Namun, sampai hari H penyeleggaraan hanya 37 pondok pesantren yang memberikan konfirmasi dan mengirimkan santrinya.

“Musabaqah Kitab Kuning ini merupakan program DPP PKB. Yang mana untuk tingkat Kabupaten/Kota penyelenggaraannya, pada Maret – April untuk semifinal.  Semifinal pada Mei, dan dijadualkan  Grand finalnya, dari masing-masing Kabupaten/Kota akan diselenggarakan di Jakarta,” terangnya.

Musalam Masul mengungkapkan, penilaian dalam Musabaqah kitab Kuning ini, selain membaca dan mengerti, peserta juga diuji dengan menjelaskan pemaknaan dari isi materi sesuai yang dipilihya. Ada empat kategori dalam musabaqah tersebut.

“Kategori yang dilombakan (dimusabaqahkan),  Ulla, dan Ullya. Untuk Ulla terbagai dalam kategori Immriti, dan Alfiyah. Kemudian untuk Ullya, kategorinya  Fathqul Qarrib dan  Iyyahul Ulumuddin,” katanya.

“Harapan kedepannya akan muncul gerakan muda santri di kabupaten Pati. Karena dengan gerakan ini tentu akan mencetak kader-kader militan terkait dengan masalah kitab,” jelasnya.

Pada Musabaqah Kitab Kuning ini, kata Ketua Penyelenggara yang menjabat Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati, Musalam Masul, pihaknya melibatkan juri-juri independent yang memiliki keahlian dibidangnya. Ada sebagian dari guru-guru Ponpes lulusan universitas dalam maupun luar negeri.

Hadir saat pembukaan Musabaqah Kitab Kuning tingkat Kabupaten Pati yang diselenggarakan DPC PKB dan DKC Garda Bangsa, Ketua PC NU, Drs. H. Ali Munfaat, Ketua RMI KH. Mujib Burrahman, Ketua Forum Pondok Pesantren KH Mukromin,  Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB H. Muhammadun dan jajaran, serta Ketua Dewan Syuriah KH Junaedi Halim dan jajaran, serta Pengurus DKC Garda Bangsa.(•)