Semua Berita "Kyai Kita"

  • 32antarafoto-apel-kebangsaan-banser-nu-180417-sgd-4-1024x683.jpg

    Gus Yaqut, Sang Panglima Tertinggi Banser NU Penjaga Keutuhan NKRI

    PKB News, Semarang - Gus Yaqut adalah nama panggilan dari Haji Yaqut Cholil Qoumas, yang saat ini Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor dan Panglima Tertinggi Banser NU. Gus Yaqut putera dari tokoh NU dari Rembang, KH Cholil Bisri dan keponakan KH Mustofa Bisri—yang biasa disapa Gus Mus. Gus Yaqut cucu dari KH Bisri Mustofa dari Rembang, penulis tafsir Al-Quran yang fenomenal “Al-Ibriz” dan beberapa karya lainnya, serta Pendiri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, . . .

  • 81maxresdefault.jpg

    Gus Dur Ngrasani Fu Lan dan Lu Fan

    Oleh: Yahya Cholil Staquf   Kuat Kaya Dua orang diantara murid-murid Gus Dur, Fu Lan dan Lu Fan, adalah kawan-kawan dekat saya. Suatu kali Gus Dur ngrasani Fu Lan, “Dia itu kuat miskin, tapi nggak kuat kaya…” Semenjak masih miskin, Fu Lan memang tinggi gengsinya. Walaupun lapar tak mau dikasihani. Sesudah kaya, dia royal sekali. Gemar menghamburkan uang untuk dibagi-bagikan kepada orang. Saya ingatkan agar hati-hati dan pakai perhitungan . . .

  • 83120.jpg

    Biografi KH. Abdul Aziz Manshur

    KH. Abdul Aziz Manshur dilahirkan di Paculgowang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur, tahun 1942 M. Sewaktu Jepang mulai berkuasa di Indonesia. Sejak usia dini beliau telah dididik oleh kedua orang tuanya.  Pada usia 4 tahun beliau diajar orang tuanya mengenal fasolatan, thoharoh (sesuci) dan menghafal juz Amma  langsung oleh Ibu beliau. Memasuki usia 6 tahun beliau mulai ikut sekolah, kemudian dilanjutkan dengan belajar Al-Quran. Dalam mengkaji Al-Quran,  hanya butuh waktu 1 tahun bagi beliau . . .

  • 93100_2137.JPG

    K.H. Salman Dahlawi

    Kyai Haji Salman Dahlawi, selanjutnya disebut Mbah Salman, adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Manshur Popongan, Tegalgondo, Wonosari, Klaten. Pondok Pesantren Al-Manshur merupakan pondok pesantren salafiyah yang didirikan oleh Kyai Haji Muhammad Manshur, selanjutnya disebut Mbah Manshur. Awalnya nama pondok pesantren tersebut adalah Pondok Pesantren Popongan, diambil dari nama dusun tempat pondok pesantren berdiri. Popongan adalah nama dusun di Kalurahan tegalgondo Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Dusun yang terletak di Jalan . . .